Nasionalisme

Aku mencintai negara ini
Siapalah yang tidak akan bangga,
memiliki tumpah darah berjulukan tanah surga?
Batang pohon yang tidak diurus saja bisa tumbuh di sini
Hanya di sini
Di bumi pertiwi ini

Aku mencintai negara ini
Meskipun para pemimpin kadang tak adil
Dan KKN sudah menjadi makanan sehari-hari
Dan yang jujur dianggap buruk
Yang salah dianggap setia kawan

Aku mencintai negara ini
Tak peduli penduduk di sini hanya bertitel panjang
Berjabatan tinggi
Namun pada kenyataannya,
hanya mementingkan diri sendiri

Rasa nasionalisme sudah terpatri dalam diriku sejak aku masih janin
Di dalam tubuhku, mengalir darah bangsa ini
Bangsa yang kaya, namun miskin karena keserakahan beberapa orang
Bangsa yang melimpah rezekinya, namun tidak memanfaatkannya dengan baik
Bangsa yang mendewakan keberhasilan tanpa peduli apakah caranya itu sesuai dengan nurani

Aku mencintai bangsa ini, sejak lahir, saat ini, dan aku berjanji akan terus mencintainya sampai ragaku tak bersisa lagi.

Dan aku hanya bisa berharap, darah di dalam tubuhku ini tidak akan membuatku memiliki sifat seperti kebanyakan orang.

Karena Indonesia tidak boleh terus mati.

Comments

Popular posts from this blog

Favourite Scenes in Meet the Robinsons!

20 Tips Bermain Ameba Pigg

Pigg, Apaan Tuh?