((rasanya seperti memilih antara kopi atau teh))

"Jangan visualisasikan menangnya, tapi ngasih usaha yang terbaiknya."

Kira-kira itu yang pembinaku bilang tadi, pas ngebicarain tentang OSN. Yep, aku pernah nulis kan, tentang kelolosanku ke OSN? Hehe. Tahun ini, olimpiade itu dilaksanakan 18-24 Mei, yang artinya... tinggal 9 hari lagi sampai aku mulai berkompetisi.

Tegang? Tentu aja. Ketegangan terbesarku, jujur, bukan karena "Gimana kalo nggak menang ya." Yah iya sih, tapi tepatnya, gimana kalo nggak menang ya, aku udah ngorbanin sekolahku sebulan ini. Habis... sebulan ini aku bakalan di luar sekolah karena olimpiade.

Di satu sisi, sekolah buatku pentiiiiiing sekali. Iya lah, sebulan nggak masuk di sekolahku resikonya gawat banget. Apalagi, aku aksel. Ulangan yang harus aku susul nanti bakal seabrek banget. Tugas mah nggak usah ditanya lah ya. Sedangkan aku kepengen dapet undangan gitu, yang penilaiannya berdasarkan nilai di sekolah.

Jadi, ngorbanin sekolah baru sekali ini jadi pilihanku selama SMA. Dulu, pas masih olimpiade tingkat wilayah, kota, dan provinsi... setiap kali ada tugas sekolah dan olimpiade aku selalu ngeprioritasin sekolah, sekolaaaah banget. Makanya mungkin itu juga alasan Campbell-ku, buku dasarnya anak olim biologi, baru kesentuh sekarang (selain dulu nggak suka wkwk, ternyata seru!). Boro-boro belajar olim deh, belajar ulangan aja udah bikin jungkir balik.

Di sisi lain, prioritas itu juga bikin aku nggak nyangka akan kelolosanku. Aku emang, alhamdulillah, cukup lancar pas ngerjain soal setiap jenjang... tapi aku nggak bekerja segitu kerasnya untuk itu. Untuk lolos. Aku tau, ada banyaaaak banget orang, beberapa di antaranya bahkan kenalanku, yang usahanya udah luar biasa buat lolos. Dan aku, aku lolos bersama beberapa di antara mereka, dan juga mengambil jatah beberapa yang lainnya. Aku, yang usahanya nggak begitu maksimal. Aku, yang fokusnya begitu kebelah-belah.

Karena itu, sekarang aku ngerasa ketinggalan banget. Peserta OSN lain persiapannya berapa lama, sih? Pastinya udah pada mateng. Aku? Cuma sebulan fokusku nggak kebelah, apa mungkin bisa maksimal?

Awal-awal aku lolos, aku seneeeng sekali. Itu, kayak yang aku pernah tulis sebelumnya, mimpiku banget! Mimpi yang saking mimpinya nggak pernah aku bayangin sebelumnya. Saat lomba, aku berdoa supaya diberikan yang terbaik oleh Allah. Karena... kalau memang OSN takdirku, Allah akan memudahkan jalanku. Dan alhamdulillaah, Allah kasih mimpiku itu buatku.

Tapi, lama kelamaan aku sempet stres juga. Apalagi setelah aku tau OSN ngebuat aku nggak sekolah segitu lamanya. Di situ aku down, karena fokus utamaku dari dulu undangan. Kayak judul tulisan ini, rasanya saat itu kayak milih kopi atau teh saat di restoran. Sempet aku pusing terus beberapa hari, stres berat. Akhirnya, sih, hasil mertimbangin plus-minusnya, aku mutusin buat fokus OSN. Toh udah ninggalin sekolah sebulan juga, apa gunanya kalau disia-siain?

Nah. Beberapa hari lalu aku mulai mikir. Bukannya doaku dulu, supaya diberikan yang terbaik? Berarti OSN ini jalan yang terbaik bagiku. Mungkin, karena OSN ini, aku nggak akan dapet undangan, atau apa lah. Tapi bukannya Allah tau yang terbaik? Aku percaya, lolos ini bakal ngebawa hal-hal baik di hidupku. Menang, ataupun nggak menang. Ngebuat mudah atau malah mempersulit kesempatanku kuliah di tempat yang aku inginkan.

Karena, kayak kata-kata guruku yang aku tulis di awal tadi, sebaiknya bukan kemenangan atau keberhasilan yang dibayangkan. Tapi... gimana usaha kita buat ngedapetin keinginan kita itu. Yah, untuk mendapatkan yang terbaik, kita harus memberikan yang terbaik juga kan? Tapi nggak semua yang kita kira baik, memang baik buat kita.

Kalau kata kakak kelasku sih, "Do your best, Allah will do the rest." :)

Lagipula, proses adalah apa yang membuat kita jadi semakin baik ke depannya, ya nggak? Lewat proses kita belajar banyak hal buat jadi sukses entah sekarang atau ke depannya.

Minta doanya yaa buat OSN-ku nanti, hehehe.

Comments

Popular posts from this blog

Favourite Scenes in Meet the Robinsons!

20 Tips Bermain Ameba Pigg

Pigg, Apaan Tuh?