Graduate!

Nggak kerasa ya, kemarin kita udah graduation lagi.

Iya, kita, siapapun yang ngerasa graduation kemarin.

Selamat. Selamat makin dewasa. Graduation berarti selesai menuntut ilmu di suatu jenjang, dan graduation membuat kita harus melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Yang SD, ke SMP. Yang SMP, ke SMA. Yang SMA akan merasakan suka-duka kehidupan kuliah dan yang kuliah akan mencicipi dunia yang sebenarnya di pekerjaan nanti.

Selamat. Selamat berjuang keras. Jenjang-jenjang yang lebih tinggi membutuhkan usaha yang lebih hebat, lebih luar biasa dibanding jenjang sebelumnya, untuk bisa kita kuasai dengan baik. Suasana tiap jenjang tidak akan sama; teman-teman dan guru-guru yang baru, tugas-tugas yang lebih sulit, dan yang mencakup semua itu, ilmu yang lebih banyak dari sebelumnya. Ilmu nggak cuma berarti pelajaran yang diajarkan di kelas, tapi juga hubungan antar teman, hubungan dengan guru, bagaimana kita bisa berkerjasama untuk menyelesaikan sesuatu... banyak. Dan keberhasilan kita di sana ditentukan seberapa gigih kita berusaha.

Udah ada 2 kali selamat, sekarang saatnya sedih-sedihan ya? Kesedihan karena berpisah dengan teman lama itu nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dalam kasusku, temen-temen yang selalu ada di sampingku selama 3 tahun terakhir. Temen-temen yang sekalipun aku jarang di kelas, tetep sayang sama aku. Temen-temen yang mendukungku, menyemangatiku, mendoakan yang terbaik buatku saat aku akan menghadapi sesuatu yang sulit. Temen-temen yang bisa banget bikin keadaan nyebelin berbalik jadi menyenangkan.

Temen-temen... yang begitu luar biasa.

Asal kalian tau, aku nggak bisa banget pisah sama kalian. Asal kalian tau, ngebayangin kelasku nanti gaakan diisi sama kalian begitu berat rasanya. Asal kalian tau, aku selalu, selalu, selalu berharap bisa satu sekolah terus sama kalian... bisa denger celotehan kalian, canda tawa kalian... keriangan kalian yang selalu sukses bikin aku senyum tiap harinya. Setiap kali aku sedih, kesel, atau apapun, aku tinggal liat kalian. Pasti aku bahagia lagi.

Makasih, ya. Makasih buat kehadirannya di hidupku. Maafin kalo aku sering bikin kalian kesel, hehe. Aku bakal kangen banget sama kalian. Kangeeen banget. Kangen sekangen-kangennya.

Selamat berjuang buat ke depannya. Kita berjuang bareng-bareng, jadi sukses juga harus bareng-bareng. Di reunian nanti, aku mau ngeliat kita semua dateng dengan kesuksesan masing-masing. Aamiin.

Sekarang aku mau terima kasih sama guru. Guru-guru yang besar sekali jasanya. Guru-guru yang begitu perhatian sama kita, sampe kadang bukan kita yang nyari guru buat dapet nilai, malah ibu/bapaknya yang nyari kita. Guru-guru yang udah ngerelain banyak hal cuma supaya kita seneng. Makasih Pak, Bu, para pahlawan tanpa tanda jasa. Bapak dan Ibu akan selalu berbekas di hati kami. Maafin kalau selama ini kami bandel, nggak pernah mau belajar, nyusahin terus kerjaannya.

Kami mohon restu, Pak, Bu. Sekarang kami akan menghadapi sesuatu yang baru, tanpa Bapak dan Ibu di hadapan kami. Akan kami jadikan apa yang telah diajarkan Bapak dan Ibu, bekal kami untuk menyongsong masa depan yang sudah di depan mata. Kami berjanji.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Comments

Popular posts from this blog

Favourite Scenes in Meet the Robinsons!

20 Tips Bermain Ameba Pigg

Pigg, Apaan Tuh?