benci

aku benci akan detoksifikasi
peroksida-peroksida itu sudah keburu menabrakkan diri pada setiap partikel tubuhku
dikeluarkannya dirinya dari kantung bermembran itu
menyatukan diri dengan sekitar
memohon dengan manis untuk berkenalan
memicu apoptosis di sekujur badanku

aku benci akan friksi
sebelum aku sempat mengkalkulasi dengan koefisien yang kuhapal di luar kepala
ia sudah mengaburkan dirinya;
membuatku kembali jatuh ke dalam lubang yang sama

aku benci akan pertidaksamaan
karena hanya ialah yang dapat diperkirakan
nilainya
kisarannya
sedang ketidaksamaanku dengan manusia-manusia di depanku
di kanan atau kiriku
di bagian yang tidak bisa dijangkau mataku
tetap menjadi kode-kode yang tidak pernah bisa dipecahkan

aku benci
sungguh, aku benci

edisi budak tilu lagi galau mau ulangan
(maksud benci di sini bukan benci pelajarannya)

detoksifikasi: pengeluaran racun dari tubuh
peroksida: zat yang memiliki oksigen berlebih dari biasanya, misal hidrogen peroksida (H2O2). Pada sel hewan merupakan kandungan dari peroksisom, sejenis vakuola (organel bermembran serupa kantung).
apoptosis: kematian terprogram dari sel
friksi: gaya gesek

Comments

Popular posts from this blog

Favourite Scenes in Meet the Robinsons!

20 Tips Bermain Ameba Pigg

Pigg, Apaan Tuh?